9.2.1.2. Kerajinan dari Batu

Mungkin bagi beberapa orang, batu merupakan suatu benda yang tidak terlalu banyak gunanya. Banyak sekali bertebaran batu-batu di jalanan yang dianggap tidak berguna. Namun ternyata batu bisa dijadikan sebuah kerajinan yang keren. Bahkan kerajinan dari batu ini sudah menjadi suatu daya tarik yang sangat digemari oleh masyarakat.

Di tangan-tangan seorang yang mempunyai kreatifitas, batu bisa disulap menjadi sebuah kerajinan yang unik dan menarik. Tentunya ide-ide tersebut muncul karena banyaknya sumber daya alam yang tersedia.

A. Jenis-jenis batu

1. Batu Andesit

Batu andesit ini terbentuk dari lelehan lava pada gunung berapi yang telah meletus, terbentuk atau membeku pada saat temperatur lava yang akan meleleh dengan turun antara 900-1,100 derajat Celsius.

Ciri-ciri dari batu andesit adalah mempunyai tekstur halus, memiliki warna abu-abu hijau namun sering juga berwarna merah atau jingga. Kegunaan dari batu andesit ini ialah sebagai batu untuk nisan kuburan, untuk cobek, pembuatan arca, untuk pembuatan hiasan serta untuk pembuat candi.

2. Batu Gamping/batu kapur

Batu gamping (batu kapur) kebanyakan merupakan batuan sedimen organik yang terbentuk dari akumulasi cangkang, karang, alga, dan pecahan-pecahan sisa organisme. Batuan ini juga dapat menjadi batuan sedimen kimia yang terbentuk oleh pengendapan kalsium karbonat dari air danau ataupun air laut.

Batu gamping memiliki karakter mudah diukir dan mampu mengeluarkan detil dengan baik, tapi tetap cukup kuat untuk diukir dengan penyangga. Meski batuan jenis ini tidak memiliki keistimewaan keindahan dari warna yang tidak variatif, batu ini memiliki kekayaan tekstur yang bisa diciptakan. Dengan karakternya yang tahan terhadap hujan asam dibanding dengan marmer, maka batuan jenis ini juga bisa menjadi pilihan menarik untuk dekorasi outdoor.

3. Batuan Pualam/Marmer

Batu dari pualam atau marmer ini terbentuk dari batu kapur yang mengalami perubahan suhu dan juga tekanan tinggi. Ciri-ciri dari batu pualam atau juga disebut marmer ini adalah memiliki pita-pita yang berwarna, kristal-kristal ini dengan tekstur sedang sampai kasar, bila ditetesi dengan asam akan mengeluarkan bunyi yang mendesah, keras dan juga mengkilap jika akan dipoles.

Batu ini juga memiliki campuran dari warna yang berbeda-beda. Kegunaan yang utama dari batu marmer yaitu digunakan untuk membuat beberapa patung serta lantai dan ubin dan berbagai perabot rumah tangga.

4. Batu Kali

Batu kali adalah batuan alam yang terbentuk akibat terkikis air. Kendati tidak memiliki varian warna yang menarik, material ini mudah ditemukan dan tersedia dalam berbagai ukuran sehingga biasa digunakan untuk ragam kebutuhan.

Selengkapnya bisa di baca di:
Jenis-Jenis Batuan

B. Contoh Kerajinan dari Batu

Dibawah ini akan dijabarkan beberapa contoh macam-macam kerajinan tangan dari batu yang bisa kamu jadikan rekomendasi dalam mempercantik ruangan di rumahmu.

1. Photo Holder dari Batu


Kerajinan tangan dari batu yang pertama yaitu photo holder. Daripada kamu membeli pajangan foto, lebih baik kamu membuat photo holder sendiri dengan biaya murah dan pastinya unik.

Bahan yang kamu butuhkan juga hanyalah batu dengan ukuran sedang, kawat, dan juga alat pemotong kawat.

Cara membuatnya juga sangat mudah, yaitu hanya dengan melilitkan kawat di sekitar batu, lalu kawat akan menjulang ke atas dengan panjang yang sesuai dengan keinginanmu dan buat ujung kawat menyerupai klip kertas sebagai penahan foto.

2. Tempat Kunci Kamuflase dari Batu

Mungkin bagi beberapa orang, seringkali lupa meletakkan kunci atau sembarangan dalam menyimpan kunci.Nah ternyata kamu bisa membuat sendiri tempat kunci kamuflase dari bahan material hanya batu kali.

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Batu kali ukuran sedang
  • Lem epoxy
  • Botol berbentuk toples kecil

Cara Pembuatan Kerajinan Batu Tempat Kunci :

  1. Lepaskan stiker label dari botol, kemudian
  2. Lepas pula tutup botol dari badannya, gunakan lem epoxy pada permukaan tutupnya dan juga pada permukaan batu, kemudian rekatkan keduanya.
  3. Tahan sampai beberapa menit, letakkan di area yang aman, dan biarkan mengering sampai 24sampai 28 jam.
  4. Setelah mengering, botol pun bisa kamu isi dengan kunci rumah kemudian letakkan pada halaman depan rumah di area yang berbatu.

3. Keset Batu Kali dari Batu

Kerajinan batu kali yang satu ini juga bisa dijadikan referensi kerajinan yang bisa kamu buat. Menginjakkan kaki di atas batu kali dapat membuat kamu menjadi lebih sehat. Itu sebabnya banyak orang menghias tamannya menggunakan serangkaian batu kali sebagai tempat refleksi kaki.

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Keset karet khusus outdoor
  • Beberapa batu kali dengan ukuran yang beragam
  • Silikon sealer anti air
  • Alas plastik

Cara Pembuatan :

  1. Bentangkan alas plastik di atas lantai kemudian letakkan keset karet di atasnya.
  2. Letakkan bebatuan di atas keset, dengan begitu kamu bisa memprediksikan berapa jumlah dan ukuran batu yang dibutuhkan.
  3. Setelah seluruh batu ditata dengan rapi, angkat batu yang letaknya diujung kemudian gunakan perekat silikon di bagian bawahnya.
  4. Rekatkan kembali batu tersebut pada posisi semula, tekansampai beberapa saat supaya batu merekat dengan
  5. Ulangi proses 3 dan 4 sampai semua batu tertempel.
  6. Perekat sealer silikon tersebut bisa mengering setelah 3 jam dikeringkan.

Namun, sangat lebih baik jika kamu memgeringkannya sampai 24 jam penuh sebelum kamu gunakan.

4. Hiasan Kaktus dari Batu

Jenis karya kerajinan batu kali selanjutnya yaitu hiasan kaktus. Kerajinan ini bisa kamu gunakan sebagai penghias dalam ruangan atau juga luar ruangan.

Alat dan Bahan :

  • Batu kali beragam bentuk dan ukuran
  • Pot bunga tanah liat mini
  • Media tanam
  • Kerikil
  • Kuas lukis ukuran kecil hingga sedang
  • Cat akrilik (warna hijau, kuning, putih)

Cara membuat kerajinan dari batu kali berupa hiasan kaktus :

  1. Cuci seluruh batu kali yang akan digunakan.
  2. Siapkan cat dengan warna hijau dan sejenisnya (hijau muda hingga hijau tua).
  3. Warnai batu kali menggunakan aneka warna hijau.
  4. Tunggu cat mengering.
  5. Setelah dicat dengan warna hijau, lukis batu hijau menggunakan gambar duri kaktus dengan cat akrilik warna putih.
  6. Tunggu sampai mengering.
  7. Siapkan pot bunga yang sudah disediakan, kemudian isi menggunakan media tanam yang telah disiapkan.
  8. Letakkan juga hiasan kaktus batu kali yang telah dilukis.
  9. Atur dan tata sampa terlihat cantik dan bagus.

5. Tempat Lilin dari Batu

Lilin umumnya digunakan untuk memberikan suasana romantis pada suatu ruangan atau sekedar untuk alat pengganti penerangan.

Ketika menyalakan lilin, pastinya kamu memerlukan tempat pelindung untuk meletakkannya supaya tidak terjadi kebakaran.

Kamu dapat membuat tempat lilin hanya bermodal batu dengan bentuk pipih berbagai ukuran dan juga lem perekat.

Susun batu yang berbentuk lingkaran dengan bertingkat lalu kamu bisa meletakkan lilin pada bagian dalamnya.

6. Pot Bunga dari Batu

Agar suasana alam di rumah terlihat lebih keren, kamu bisa membuat pot bunga dengan bahan batu. Cara membuatnya juga hampir sama dengan cara membuat tempat lilin, yakni kamu hanya memerlukan batu dan juga lem perekat.

Namun dalam membuat pot bunga ini, susun batu yang ukuran agak lebar dan tinggi agar tanaman yang tumbuh di dalam pot bisa berkembang dengan baik.

Cara lain yang akan mendapatkan hasil pot yang lebih rapi yaitu kamu dapat menempelkan bebatuan di pot plastik.

7. Papan Tanda dari Batu

Papan tanda biasanya dipakai untuk memberikan sebuah informasi contohnya tanda ucapan selamat datang atau sekedar untuk dekorasi ruangan.

Kamu juga bisa membuat papan tanda ini dengan melukis batu secara dasar berwarna-warni dan menyusun huruf yang kamu butuhkan lalu menempelkannya pada papan.

8. Hiasan Dinding dari Batu

Untuk membuat sebuah hiasan dinding diperlukan beberapa batu, kanvas atau papan, dan juga bahan pelengkap lainnya sesuai hiasan yang akan kamu buat.

Ide ini sangat membutuhkan kreativitas yang tinggi dibandingkan dengan ide-ide lainnya, karena kamu harus menyesuaikan bentuk batu dan menyusunnya menjadi suatu karya seni yang indah.

9. Tatakan Teko dari Batu

Kamu bisa membuat sebuah tatakan teko hanya bermodalkan batu. Cara membuatnya juga sangat mudah, kamu hanya memerlukan papan sebagai alas dengan bentuk serta ukuran sesuai pada selera.

Tips penting dalam membuat tatakan ini yaitu pastikan kamu memilih batuan yang mempunyai tebal tidak jauh berbeda, agar teko yang diletakkan di atasnya bisa berdiri dengan baik.

Referensi:
https://failfaire.org/
https://dosenpintar.com/jenis-batu-batuan/