8.1.1.4. Kerajinan Gips

Kerajinan dari bahan gips ini sangat banyak diminati dan disukai oleh masyarakat,karena cara membuatnya yang simple dan cukup mudah untuk dipraktekkan sendiri di rumah. Bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam membuat kerajinan ini juga sangat mudah untuk dicari dan didapatkan.

Karakteristik Gips atau Gypsum

Bahan dasar gips berbentuk bubuk putih, setelah di larutkan dengan air air dan di keringkan, gips akan menjadi keras. Jika sudah mengeras atau padat gips tidak dapat larut dengan air dalam kurun waktu yang lama. Gips atau gypsum merupakan bahan mineral terdiri dari tipe zat hidrat kalsium, sulfat, dan sebagian mineral semacam nitrat, borat, karbonat, serta sulfat.

Tahapan Kerajinan Gips

Dalam proses pengolahan gips sampai menjadi sebuah kerajinan, melalui beberapa teknik dan tahapan sebagai berikut:

1. Pembuatan Sketsa atau bentuk

Tahap paling utama yang harus dilakukan adalah membuat sketsa gambar model yang akan dibuat untuk kerajinan gips. Kemudian aplikasikan kedalam bentuk tiga dimensi.

2. Pembuatan cetakan (acuan cetakan)

Untuk acuan cetakan gypsum bahan pembuatannya dari silikon rubber. Silikon rubber adalah sebuah cairan kental seperti susu berwarna putih, fungsinya digunakan untuk membuat cetakan silikon. Apabila bahan ini sudah jadi akan berbentuk karet silikon yang sangat lentur persis seperti karet.

3.Pembuatan bubur gips

Bubur gips atau gypsum dibuat dengan perbandingan 1 : 2, untuk takaran 1 air dan takaran 2 untuk gips. Kemudian aduk hingga rata dan tidak ada gumpalannya lagi.

4. Proses mencetak

Langkah selanjutnya, dalam pembuatak kerajinan dari gips, adalah proses mencetak, caranya sebagai berikut:

  • Tuanglah adonan gips yang sudah homogen kedalam cetakan.
  • Kemudian diamkan sampai mengeras dan padat.
  • Terakhir, diamkan gips dalam cetakan tersebut, hingga campuran gips berubah menjadi zat padat.

5. Pengeringan

Hasil dari proses mencetak selanjutnya dikeringkan. Pengeringan dengan cara diangin – anginkan di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

6. Penghalusan

Hasil cetakan yang sudah kering untuk selanjutnya dihaluskan dengan menggunakan amplas halus. Model yang sudah halus kemudian bisa ditambahkan warna sesuai keinginan atau warna asli gips agar terlihat natural.

Produk kerajinan Gips

Gips dapat dibuat macam-macam produk kerajinan, beberapa contoh produk tersebut adalah sebagai berikut:

1. Ornamen Rumah

Gpis merupakan sebuah baha mineral yang tidak larut dengan air dalam jangka waktu panjang, jika sudah sudah menjadi benda padat. Sehingga kerajinan dari gips ini sangat cocok untuk dijadikan ornamen rumah.

2. Patung

Gips juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan patung kuda. Kerajinan ini bisa digunakan sebagai hiasan di depan rumah, dan jika berukuran kecil dapat digunakan hiasan didalam rumah.

3. Celengan

Biasanya kita mengetahui celengan yang terbuat dari tanah liat, dari bahan plastik, dan kaleng. Celengan ini, pasti tidak asing dimata kita, dan banyak ditemukan disekitar kita. Namun berbeda lagi dengan celengan yang satu ini, yaitu celengan yang terbuat dari gips atau gypsum, yang tentunya akan terlihat lebih menarik, dan cara pembuatannya pun cukup simpel.

4. Topeng

Kebanyakan para pengrajin seni, banyak menggunakan bahan gips sebagai bahan dasar utama membuat topeng. Topeng yang terbuat dari gips ini memiliki tekstur yang ringan namun sangat kuat. Kerajinan topeng biasa dimanfaatkan sebagai oleh – oleh atau hiasan di rumah, dan juga digunakan dalam acara seni tari dan kebudayaan lainnya.

Contoh Cara Membuat

Referensi:
https://sholehuddin.com
https://mudahdicari.com

SOAL LATIHAN