8.1.2.2. Media Komunikasi Modern

Alat komunikasi modern adalah alat bantu bagi manusia dalam melakukan aktivitas sehari – hari. Bedanya dengan alat komunikasi zaman dahulu adalah, bentuk dan fungsi pada komunikasi modern ada sentuhan teknologi sehingga lebih cepat, bentuknya simpel dan multi fungsi.

1. Koran (Surat Kabar)

Koran merupakan alat komunikasi modern yang memuat informasi dalam bentuk tulisan dan gambar. Informasi yang dimuat dalam koran meliputi banyak topik seperti politik, olahraga, cuaca dan informasi lainnya. Meski alat komunikasi modern terus berkembang dewasa ini namun media koran tetap menjadi salah satu alat komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi.

Koran sekarang sudah banyak yang berbentuk digital dan mudah diakses melalui jaringan internet dengan media laptop, tablet dan smartphone. Ada versi website dan aplikasi Android.

2. Radio

Radio adalah alat yang bisa memberikan informasi dalam bentuk suara yang dipancarkan dari stasiun pemancar radio kemudian akan didengarkan oleh khalayak publik untuk mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan.

lat komunikasi ini pada awalnya digunakan dalam keperluan maritim untuk mengirimkan pesan telegraf menggunakan kode morse antara kapal dan penerima di darat. Salah satu pengguna awal teknologi ini adalah Angkatan Laut Jepang yang memata-matai armada Rusia saat Perang Tsushima pada tahun 1901.

3. Televisi

Televisi (TV) adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran suara dan gambar bergerak atau audio video, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna.

Kata “televisi” merupakan gabungan dari kata tele yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti jauh dan visio dari bahasa Latin yang berarti penglihatan, sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.

4. Handy Talky

Handy talky dikenal dengan sebutan Two Way Radio ataupun radio dua arah, yang dapat menerima dan dapat memancarkan siaran radio sehingga handy talky melakukan pembicaraan dua arah, berbicara dan mendengar lawan bicara secara bergantian.

Handy talky dapat digunakan dalam jarak 0,5 Km sampai dengan 2,5 Km. Komunikasi melalui handy talky tanpa menggunakan biaya pulsa, karena sinyal radio akan langsung diterima di perangkat radio lawan tanpa melalui operator.

5. Telepon

Telepon berfungsi menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Telepon merupakan alat komunikasi modern yang menjadi cikal bakal perkembangan alat komunikasi modern lainnya. Melalui media telepon kita bisa berkomunikasi walau jarak cukup jauh.

6. Fax

Mesin faks adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya.

Faksimile atau biasa dikenal dengan faks/fax, berasal dari kata ‘fac simile’ (make similar) dalam bahasa latin, yang artinya membuat salinan yang sama dengan aslinya. Dalam bidang yang lain, mesin faks juga dapat disebut telecopier atau mesin foto kopi jarak jauh.

Dalam mencetak dokumen melalui mesin faks, digunakan kertas khusus yaitu thermal paper yang peka panas (heat-sensitive thermal). Thermal Paper adalah kertas yang dipenuhi dengan bahan kimiawi yang akan berubah warna ketika dipanaskan. Kertas ini biasa digunakan pada pencetak termal.

7. Handphone

Telepon genggam atau telepon seluler (disingkat ponsel) atau handphone (disingkat HP) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, tetapi dapat dibawa ke mana-mana. Penggunaan Handphone tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (jadi komunikasi nirkabel, bahasa Inggris: wireless communication

Handphone pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja).

8. Tablet

Tablet dapat didefinisikan sebagai suatu jenis komputer notebook yang memiliki layar LCD di mana pengguna dapat menulis dengan menggunakan pena tujuan khusus, atau stylus. Penggunaan tablet di masyarakat luas mulai berkembang pesat pada sekitar tahun 1990.

Tablet itu sendiri diciptakan dengan penyempurnaan dari komputer dimana pada tablet, salah satu ciri khas nya adalah penghilangan sistem keyboard serta ukuran yang lebih kecil. Tablet bertujuan sebagai perangkat yang mengadopsi sistem komputer dengan membantu pengguna dalam melakukan mobilitas dimana pada saat yang sama harus mengakses komputer.

9. Perangkat Komputer

Komputer Secara Umum bisa kita artikan kepada kumpulan alat elektronik yang tersusun menjadi rangkaian membentuk sebuah mesin berteknologi dengan kontrol sistem operasi disertai program-program yang mampu menerima dan menyimpan data. Hal ini memungkinkan komputer menjadi alat pengolahan data dan memberikan hasil dalam bentuk informasi sesuai prosedur operasi yang dirumuskan. Dengan perkembangan teknologi komputer anda dapat menggunakan komputer untuk mengetik dokumen, mengirim e-mail, bermain game, dan menjelajah Web.

10. Laptop

Laptop bisa di sebut alat komunikasi yang mempunyai fungsi yang sama dengan perangkat komputer. Perbedaan paling signifikan dari laptop dan komputer adalah bentuk fisik dan energi yang digunakan untuk pengoperasiaannya. Laptop bisa dipindah dan dibawa kemana saja dengan daya batrai sebagai sumber energi untuk pengoperasiannya, sedangkan komputer memerlukan daya listrik untuk pengoperasiannya. Perangkat ini berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dari spesifikasi laptop tersebut.

SOAL LATIHAN