8.1.2.3. Teknologi Navigasi

Navigasi atau pandu arah adalah penentuan kedudukan (position) dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya atau di peta. Dahulu para pelaut untuk mengetahui posisinya di tengah lautan berpatokan pada posisi bintang di langit, Peta, dan Kompas. Di era digital sekarang ini, kehadiran GPS atau Global Positioning System membuat proses navigasi jadi jauh lebih mudah.

1. Bintang Langit

Untuk menentukan posisi di utara khatulistiwa, pelaut biasanya mencari posisi bintang Polaris, dan mengukur sudutnya dari horizon dengan menggunakan sextant. Sudut yang didapatkan adalah sama dengan lintang utara dari posisi pengamat.

Di selatan khatulistiwa, pelaut menggunakan rasi Crux dan bintang Pointer untuk memperkirakan posisi bintang selatan. Sudut antara poros bintang selatan dan horizon adalah sama dengan posisi lintang selatan Bumi.

Selain kedua posisi bintang tersebut, dulu pelaut dan penjelajah biasanya membawa tabel bintang untuk memudahkan menggunakan bintang lain sebagai acuan untuk navigasi.

2. Peta

Peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi baik sebagian atau seluruhnya, pada bidang datar yang diperkecil dengan skala dan dilihat dari atas dengan tulisan tertentu sebagai tanda.

Peta juga memuat berbagai penampakan, baik nyata maupun abstrak. Ketampakan-ketampakan nyata di permukaan bumi contohnya seperti pegunungan, lembah, sawah, hutan, danau, laut, atau jalan. Sedangkan ketampakan abstrak di bumi yaitu lintang bujur, batas wilayah, iklim, cuaca, garis ekuator, dan masih banyak lagi.

3. Kompas

Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah mata angin berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah utara-selatan, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi, setelah arah utara selatan diketahui maka arah barat-timur pun dapat diketahui.

Apabila digunakan bersama-sama dengan jam dan sekstan, maka kompas akan lebih akurat dalam menunjukkan arah. Alat ini membantu perkembangan perdagangan maritim dengan membuat perjalanan jauh lebih aman dan efisien dibandingkan saat manusia masih berpedoman pada kedudukan bintang untuk menentukan arah.

Kompas ini pertama kali ditemukan pada abad ke-6 dan ditemukan oleh orang Cina kemudian digunakan oleh orang Eropa yakni Christoper Columbus yang menggunakan kompas sebagai alat navigasi pengganti alam, sehingga Christoper Columbus mampu menemukan benua Amerika()

4. GPS

GPS atau Global Positioning System adalah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima GPS di bumi, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India.

Cara kerja GPS

Ketika mengorbit satelit GPS memancarkan sinyal unik dan parameter orbit untuk ditangkap oleh penerima GPS di bumi. Alat penerima GPS menghitung jarak antara dirinya dan satelit GPS dengan mengukur waktu yang dibutuhkan untuk menerima sinyal dari masing-masing satelit.

Untuk menentukan lokasi dan melacak pergerakan dua dimensional (garis bujur dan lintang), penerima GPS membutuhkan sinyal dari tiga satelit. Namun dengan 4 satelit atau lebih, bisa dilakukan pelacakan posisi secara tiga dimensi (garis bujur dan lintang, serta ketinggian).

Satelit-satelit GPS berada dalam tatanan yang mencakup seluruh permukaan bumi. Karena itu, di lokasi manapun di planet ini, penerima GPS selalu bisa “melihat” dan mendapat sinyal dari setidaknya 4 satelit GPS di langit. Usai mendapatkan informasi lokasi, penerima GPS pun bisa menghitung berbagai hal seperti kecepatan, arah (bearing), jarak ke tujuan, dan lain-lain

GPS biasanya bisa melacak posisi receiver dengan akurat hingga radius 10 meter atau kurang. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi akurasinya seperti lingkungan dengan gedung-gedung tinggi atau pepohonan rapat yang bisa menghalangi penerimaan sinyal satelit. Sinyal satelit juga kesulitan menembus bangunan sehingga GPS lebih sukar mengunci posisi saat receiver berada dalam situasi indoor ketimbang outdoor

Manfaat GPS

Mempunyai fungsi dasar sebagai penyedia informasi letak suatu objek di permukaan bumi, GPS kini sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Di bawah ini adalah 5 manfaat GPS bagi kehidupan manusia di era digital.

1. Dunia Militer

GPS lahir dari rahim militer, untuk itulah, hingga kini pemanfaatan GPS dalam bidang militer masih terus diberlakukan. GPS bisa memberitahukan citra dari satu medan peperangan secara langsung. GPS juga sanggup menuntun peluru kendali sesuai dengan lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Informasi yang cepat dan akurat membuat militer juga memanfaatkan GPS untuk melihat pergerakan musuh yang mendekat.

2. Untuk Navigasi

Sesuai dengan namanya, GPS sangat banyak membantu kebutuhan manusia di era digital ini sebagai sistem navigasi yang paling bisa di andalkan. Anda tidak perlu merasa khawatir lagi tersesat dalam perjalanan karena dengan GPS, semua informasi mengenai keberadaan anda, tempat tujuan, dan jalan mana yang harus dilewati menjadi semakin mudah.

3. Penyedia informasi Geografis

Bayangkan beta sulitnya merakan seluruh permukaan bumi jika GPS sampai kini belum ditemukan. Dengan menggunakan GPS, pemetaan permukaan bumi, pengukuran jarak, dan sebagainya menjadi semakin mudah.

4. Melacak Kendaraan

Manfaatnya hampir mirip dengan manfaat GPS sebagai navigasi. GPS juga bisa dimanfaatkan untuk melacak kendaraan. Bedanya, jika untuk sistem navigasi pengirim dan penerima sinyal dalam GPS Tracking berada pada satu perangkat, maka untuk keperluan melacak kendaraan, pemancar sinyal dan penerima menggunakan dua alat yang berbeda.

5. Memantau Gempa Bumi

Dengan penyempurnaan yang terus dilakukan, kini GPS sudah bisa digunakan untuk memantau pergerakan dan aktivitas lempeng bumi (Gempa bumi). Manfaat ini tentu saja untuk mengetahui

Cara Menentukan koordinat GPS

Untuk menentukan koordinat GPS lokasi kita melalui handphone dapat di lihat dalam video di bawah ini

Tugas

Tentukan koordinat lokasi rumah mu menggunakan google maps, salin dan kirim melalui form di bawah ini

Referensi:
https://bumidatar.id/
http://sejarah-andychand.blogspot.com/
https://www.detik.com/edu/detikpedia/
https://www.komputermedia.com//