8.2.1.2. Kerajinan Limbah Kerang

Kerajinan kerang mungkin bisa jadi ide terbaru kamu dalam membuat kerajinan. Limbah hewan laut ini juga mempunyai nilai jual yang tinggi apabila dijadikan benda kerajinan yang unik dan menarik. Maka dari itu belakangan ini banyak bermunculan para pengrajin yang mengolah limbah kerang menjadi suatu kerajinan yang nantinya dijual kembali.

Bentuk dasar dari kerang yang indah akan sangat cocok dipadukan dengan beberapa benda lain sebagai sebuah kerajinan. Selain itu, menjadikan kerang sebagai benda kerajinan juga akan mengurangi populasi limbah yang ada dibumi. Sehingga secara tidak langsung kita ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan guna menjaga bumi yang kita cintai ini.

A. Jenis-jenis Kerang

1. Kerang Simping (Scallop)

Salah satu kerang yang dapat ditemukan ditepi pesisir pantai sampai kelaut dengan kedalam 10 m. Di Indonesia banyak ditemukan jenis kerang-kerangan cangkangnya berbentuk bundar, pipih, dan tipis kedua cangkangnya memiliki warna yang berbeda merah dan putih. Didekat engsel cangkang terapat bagian yang melebar membentuk sayap. Kerang ini sejenis kerang kampak bedanya cangkang kerang ini halus tidak bergaris-garis dagingnya berbentuk bulat dan berwarna putih mirip daging kerang kampak.

2. Kerang bulu (Ark Shell)

Disebut kerang bulu karena bulu halus dicangkangnya dibulu-bulu ini banyak kotoran yang menempel untuk menghilangkan kotoranya bila perlu sikat cangkangnya sampai bersih.

3. Kerang Tahu (Oeriental Hard Clam)

Kerang tahu ini memiliki Cangkang yang licin mengkilap berwarna putih tahu dengan siluet kehitaman disalah satu sisi cangkangnya dagingnya juga berwarna putih seperti tahu.

4. Kerang Hijau (Green Mussel)

Cangkangnya berbebtuk oval dan berwarna hijau semangkin kecil kerang hijau rasanya semangkin gurih dan untuk menghindari keracunan perhatikan warna dagingnya. Kerang yang sehat dagingnya berwarna kuning kecoklatan jika berwarna hitam atau gelap artinya daging kerang sudah tercemar.

5. Kerang Tiram (Oyster)

Tiram adalah kelompok kerang-kerang cangkangnya berukuran besar dan bertekstur kasar seperti batu karang dan bisanya dipanen dimusim dingin karena musim ini dagingnya lebih padat dan gurih.

6. Kerang Bambu

Biasanya disebut juga dengan nama lorjuk. Kerang ini memang memiliki cangkang berbentuk silinder seperti batang bambu. Ukurannya kira-kira sebesar ibu jari orang dewasa dan berdaging putih.

7. Kerang Macan

Kerang macan memiliki cangkang khas bermotif loreng. Bentuknya seperti keong dan biasa dijadikan hidangan mewah di restoran Eropa. Kerang jenis ini banyak ditemukan di Pantai Utara dan Pantai Selatan Pulau Jawa.

8. Kerang Kepah

Daerah tempat tinggal kerang kepah adalah bukan di laut, tetapi di sungai-sungai besar atau hutan mangrove. Bentuk cangkangnya seperti piring, cembung di bagian tengah dan pipih di bagian pinggir serta berwarna putih. Oleh sebab itu, ada juga yang menyebut kerang ini sebagai kerang putih atau kerang kepah tahu.

B. Membuat Kerajinan Dari Kerang

Bahan-bahan tersebut dapat dipadukan dengan berbagai hiasan seperti logam perak, manik-manik, dan mata-mataan untuk bentuk hewan. Cangkang kerang betina adalah jenis bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat kerajinan. Hal itu karena cangkang kerang betina bersifat lebih lebar, tebal, dan tidak mudah rapuh dibanding cangkang kerang jantan.

1. Alat Pembuatan Kerajinan

Alat pembuatan kerajinan kerang di antaranya
a) amplas;
b) kikir,
c) lem tembak,
d) mesin gerindra.
Selain mengamplas dan mengikirnya, ada juga yang menggunakan mesin gerinda untuk menghaluskan atau membuang bagian yang tidak perlu.

2. Cara Membuat Kerajinan

Pertama-tama, tentunya limbah keras cangkang kerang harus diproses terlebih dahulu sebelum dapat digunakan menjadi bahan kerajinan. Adapun proses pengolahan bahan limbah keras cangkang kerang setelah diambil dari pantai atau tempat lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Cangkang kerang dipilah-pilah sesuai ukuran dan bentuknya.
  2. Cangkang kerang dicuci dengan menggunakan air mengalir dan direndam dalam larutan natrium soda, agar sisa-sisa daging cangkang kerang dan kotoran, serta bau yang ada di dalam cangkang kerang dapat larut.
  3. Mengeringkan cangkang kerang dengan pengering, tidak menggunakan sinar matahari langsung, agar kualitas cangkang kerang tetap terjaga dengan baik.
  4. Persiapan bahan baku cangkang kerang dengan cara dikikir, diamplas, ataupun dipotong sesuai kebutuhan.
  5. Cangkang kerang siap dibuat produk kerajinan sesuai desain yang telah dibuat.

Selanjutnya, umumnya cangkang kerang dibuat dengan cara menempelkan dan menyusunnya menjadi produk-produk hiasan, gantungan kunci, aksesori, dsb. Penempelan cangkang kerang dilakukan dengan menggunakan lem khusus yang merekat dengan baik pada jenis kerang.

Pembuatan kerajinan dari kerang juga dapat dibor dan dipadukan dengan bahan logam. Melalui kreativitas dan inovasi dari pengrajin, cangkang kerang ini juga dapat dibuat menjadi kerajinan berbasis media campuran yang unik dan indah.

C. Contoh Kerajinan Kerang

1. Gelang Cantik dari Kerang

Membuat gelang dengan menambahkan aksesoris kerang sebagai hiasannya tidak kalah dengan aksesoris lain yang terbuat dari emas atau perak. Rangkai saja kulit kerang yang sudah disediakan pada seutas tali sesuai dengan ukuran pergelangan tangan kamu. Kemudian hias juga sesuai dengan keinginan yang kamu sudah rencanakan.

2. Kalung Unik

Bukan hanya gelang, perhiasan lainnya seperti kalung juga bisa dikreasikan dengan menambahkan limbah kerang sebagai hiasan. Hasilnya pun tidak kalah unik dengan kalung-kalung umum yang sudah ada dipasaran.

3. Frame

4. Tempat Lilin

Jika perlu inspirasi lain kerajinan yang dibuat dari bahan kerang, kamu bisa coba dengan membuat tempat lilin. Mungkin bagi sebagian orang cukup suka menjadiakn lilin sebagai penghias ruangan. Namun sebagian orang juga lebih suka menjadikan lilin sebagai lilin aroma untuk menciptakan harum yang enak dirumahnya.

5. Bunga dari Kerang

Bunga yang terbuat dari kertas atau plastik mungkin sudah biasa ditemukan. Namun selain dari kedua bahan tersebut, kerang juga bisa dijadikan sebuah kerajinan berupa bunga yang unik dan menarik.

6. Tirai dari Kerang

Mungkin dari beberapa kerajinan kerang yang sudah dijelaskan diatas, kerajinan berupa tirai ini merupakan kerajinan dari kerang yang paling populer. Tirai kerang ini dipercaya bisa menambahkan suasana tenang apabila dipajang disuatu ruangan. Maka dari itu, banyak rumah bahkan cafe-cafe menjadikan tirai kerang sebagai pajangan disuatu ruangannya.

7. Hiasan Dinding

Kerajinan kerang selanjutnya ialah berupa hiasan dinding. Tentu hiasan dinding ini banyak sekali jenisnya, namun kerajinan berupa hiasan dinding dari kerang ini mempunyai keunikan tersendiri. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit, hanya dibutuhkan beberapa bahan dan kreatifitas pada saat membuatnya kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan dari kerajinan yang satu ini.

8. Kotak Tisu

Kotak tisu yang polos memang akan terlihat kurang menarik. Kalau kamu ingin menghias kotak tisu kamu, kamu bisa menggunakan kulit kerang ini. Ada berbagai macam corak kerang warna-warni yang dapat kamu pilih dan hias sesuai dengan selera kamu.

9. Bros

Bros kerang ini sangat indah dan cantik untuk digunakan, banyak wanita yang mengubah tampilannya yang pada awalnya menggunakan bros dari plastik kemudian lebih memilih menggunakan kerajinan bros dari kerang. Karena bros ini sangat unik dan menarik karena mempunyai bentuk yang tersusun dari beberapa jenis kerang dan digabung dengan pin serta ditambah polesan cat warna-warni yang memberikan kesan lebih cantik.

10. Vas Bunga

Vas bunga dari kerang merupakan salah satu barang yang dijadikan sebagai hiasan di rumah. Sehingga kita tidak perlu repot lagi kemana harus mencari vas bunga yang unik, cukup dengan kreatifitas, kamu bisa membuat vas bunga yang cantik tersebut. Dan hal ini juga bisa menjadi peluang besar untuk membuat sebuah usaha bisnis kerajinan kerang seperti vas bunga ini.

11. Replika Hewan

Selain beberapa kerajinan diatas, ternyata kulit kerang juga bisa dijadikan sebagai hiasan menjadi berbagai bentuk hewan. Beberapa replika hewan yang bisa dibentuk seperti, kepiting kura-kura, ikan dan lain sebagainya.

Referensi:
https://indofishery.id/mengenal-jenis-kerang-kerangan-dan-perbedaannya
https://www.merdeka.com/gaya/jenis-jenis-kerang-yang-populer-dikonsumsi-di-indonesia.html
https://resepkoki.id/8-jenis-kerang-yang-biasa-dikonsumsi-di-indonesia
https://failfaire.org/kerajinan-kerang/

SOAL LATIHAN