9.1.1.3. Kerajinan Bahan Bambu

Bambu merupakan jenis tumbuhan yang bisa digunakan sebagai benda kerajinan. Kerajinan dari bambu merupakan jenis kerajinan yang sangat digemari oleh masyarakat. Maka tak jarang banyak pengrajin yang memanfaatkan bambu sebagai benda kerajinan dan kemudian mereka jual.

Jenis Bambu

Bambu adalah kelompok tanaman tingkat tinggi dari keluarga Poaceae yang dapat tumbuh hingga 60 cm per hari. Jenis bambu sendiri di Indonesia diperkirakan ada sekitar 159 spesies dari 1250 spesies bambu yang ada di dunia. Bahkan 88 jenis bambu diantaranya merupakan spesies endemik di tanah air.

1. Bambu Ampel

Bambu ampel oleh masyarakat Sunda disebut bambu Awi Haur, adalah jenis bambu yang mempunyai banyak manfaat dan kegunaan. Jenis bambu yang mempunyai nama latin Bambusa vulgaris ini tumbuh dengan baik di daerah tropis, termasuk Indonesia. Biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku kertas, bangunan, dan bagian rebungnya bisa diolah menjadi masakan. Ciri-ciri dan karakteristik bambu ampel:

  • Mempunyai garis-garis vertikal pada batangnya
  • Bagian batangnya seperti tongkat emas yang mempunyai berbagai ukuran dan bertanda garis hijau tua
  • Tumbuh optimal mencapai 12 – 18 meter, biasanya akan melengkung seiring bertambahnya usia pohon bambu
  • Memiliki daun panjang dan sempit yang berukuran sekitar 17 cm
  • Memiliki karakteristik spesies non-invasif dan berakar kuat sehingga cocok dijadikan sebagai pengendalian erosi.

2. Bambu Andong

Bambu andong mempunyai nama latin Gigantochloa pseudorundinacea dan manfaat umumnya untuk material bangunan. Keunggulan bambu andong mempunyai serat yang bagus, sehingga cocok dijadikan material membuat jembatan, futniture, maupun bahan baku kertas dan pulp. Ciri-ciri dan karakteristik bambu andong:

  • Batang bewarna hijau dan terdapat garis-garis vertikal putih saat masih segar, dan berubah menjadi kuning ketika sudah kering.
  • Mempunyai massa yang berat, baik saat masih basah maupun sudah kering
  • Daya tahan rendah terhadap serangan rayap

3. Bambu Betung

Bambu betung mempunyai nama ilmiah Dendrocalamus asper, jenis bambu yang berasal dari kelompok suku rumput-rumputan dengan lingkar batangnya besar. Ciri-ciri dan karakteristik bambu betung:

  • Tumbuh merumpun, memiliki rebung bewarna hitam keunguan
  • Panjang ruas-ruas batang sekitar 40 – 50 cm dengan diameter 12 – 18 cm, mampu tumbuh hingga 20 meter dengan bagian ujung yang melengkung
  • Memiliki pelepah berukuran 50 x 25 cm
  • Tumbuh dengan baik pada lingkungan yang mempunyai jenis tanah alluvial yang subur dan lembab, tapi bambu ini juga bisa hidup di daerah kering di dataran rendah maupun tinggi.
  • Bagian rebungnya bisa dimanfaatkan untuk membuat acar atau masakan lainnya.

4. Bambu Hitam

Bambu hitam mempunyai nama latin Gigantochloa atroviolacea atau sering juga disebut tropical black bamboo atau bambu wulung. Jenis bambu ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan mebel atau furniture, keperluan dekoratif, kerajinan tangan, pembuatan alat musik hingga dijadikan panel pagar. Ciri-ciri dan karakteristik bambu hitam:

  • Memiliki ketinggian pohon sekitar 8 – 12 meter dengan diameter batang 6-8 cm di bagian dasarnya
  • Ruas batang bambu hitam rata-rata 30 – 50 cm dengan tebal 5-8 mm
  • Hidup berkerumun dengan 1 cabang mendominasi dan berukuran paling besar
  • Daunnya terlihat lancip dengan lebar 2-5 cm dan panjang 20 – 30 cm
  • Dapat tumbuh dengan optimal di dataran rendah tropis yang lembab dengan curah hijan 1500 0 3700 mm per tahun. Bambu hitam menyukai jenis tanah berkapur dan latosol

5. Bambu Kuning

Bambu kuning mempunyai nama latin Bambusa vulgaris var. striata yang merupakan jenis bambu hias dan banyak dibudidayakan di daerah tropis. Jenis bambu ini dapat digunakan sebagai upaya pengendalian erosi dasar sungai atau lereng, selain itu juga dimanfaatkan sebagai obat herbal. Namun banyak juga yang menggunakan bambu ini sebagai bahan kerajinan meja, kursi, tiang tumah dan lainnya. Ciri-ciri dan karakteristik bambu kuning:

  • Mempunyai batang bewarna kuning yang terlihat mengkilap
  • Bisa tumbuh tinggi 5 hingga 10 meter dengan diameter batang 8 cm
  • Daun bewarna hijau dengan lebar sekitar 2 cm dan panjang 12 cm
  • Bambu kuning dapat tumbuh pada ketinggian 1000 m dan mampu bertahan pada suhu minus 3 derajat celcius

6. Bambu Pagar

Sesuai dengan namanya, jenis bambu ini digunakan sebagai pagar hidup di rumah-rumah atau pekarangan. Hal itu karena bambu pagar ini bisa tumbuh dengan baik dan mempunyai daun yang rimbun serta rapat yang dapat dipangkas. Contoh bambu pagar yang sering digunakan di Indonesia adalah spesies Phyllostachys aurea yang mempunyai batang warna kuning kehijauan.

Kerajinan Bambu

Adapun kelebihan dari bambu yaitu batangnya yang lentur menyebabkan bambu tidak mudah patah ketika dibuat kerajinan. Maka dari itu tak heran kalau bambu dijadikan salah satu alasan digunakannya dalam pembuatan kerajinan tangan. Disamping bahannya yang mudah dicari, kerajinan tangan dari bambu juga membawa nilai lebih, sebab kerajinan dari bambu ini unik dan menarik walaupun pengerjaannya yang lumayan rumit.

1. Lampu Hias

Lampu hias ini bisa saja mempercantik ruangan yang ada di rumahmu. Selain unsur estetika, unsur erkonomis atau kegunaan dari lampu hias bambu ini juga ada, yaitu untuk menerangi ruangan yang ada dirumahmu.

2. Air Mancur

Kalau kita masuk ke pedesaan di Indonesia, tentu kita akan melihat pancuran air yang terbuat dari bambu. Namun apakah kalian tau, bahwa air mancur daru bambu ini mempunyai manfaat psikologis yang baik dan bisa memberikan ketenangan bagi siapa saja yang melihatnya.

3. Lonceng Angin

Mendengar suara dari lonceng bambu juga dipercaya menenangkan fikiran-fikiran yang mengganggu akitivitas kita. Terlebih bersamaan dengan melihat pemandangan yang hijau di pedesaan.

4. Vas Bunga

Vas bunga adalah wadah terbuka yang diisi dengan rangkaian bunga. Wadah ini bisa dibuat dari bermacam-macam bahan, salah satunya adalah dari bambu.

5. Bingkai Foto

Bingkai foto atau figura sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi beberapa orang baik yang muda, tua atau bahkan anak-anak. Namun pada kali ini, bingkai foto yang akan dibuat berbeda dari lainnya. Bahan utama yang akan kita gunakan ialah bambu.

6. Tempat Minum

Bambu adalah kayu yang mempunyai rongga. Karena karakteristiknya inilah bambu dapat dibuat kerajinan berupa tempat minuman yang unik

Membuat Kerajinan

1. Membuat Vas Bunga

Dalam membuat vas bunga dari bambu, alat dan bahan yang harus kamu siapkan antara lain, bambu kering, piloks, gunting, kertas gosok, slotip bening, dan silet.

  1. Langkah pertama dalam membuat vas bunga dari bambu ialah potong bambu miring dibagian atas. Kemudian gosok bambu dengan kertas gosok sampai bambu berubah warna menjadi cream.
  2. Setelah itu balut bambu dengan slotip bening, hingga seluruh bambu tertutupi. Dan gambar motif yang kamu inginkan.
  3. etelah gambar selesai, ukir bambu menggunakan silet sesuai dengan motifnya sudah digambar tadi.
  4. Lalu, warnai bambu dengan piloks yang sudah disiapkan. Dan tunggu catnya hingga kering.
  5. Kemudian setelah kering, lepas slotip dari bambu. Dan vas bunga dari bambupun siap digunakan sebagai pajangan di rumahmu.

2. Tempat Minuman

Refesensi:
https://www.selasar.com/jenis-bambu/
https://failfaire.org/kerajinan-dari-bambu

SOAL LATIHAN