9.1.1.2. Kerajinan Bahan kayu

Kerajinan kayu merupakan jenis kerajinan yang bisa dilihat unsur estetika (keindahan) dan ergonomisnya (kegunaan). Makanya tak jarang para penggiat usaha pengrajin menjadikan kayu sebagai bahan dalam membuat benda kerajinan yang dijual.

Jenis Kayu

1. Kayu jati

Jenis yang pertama adalah kayu jati, produk ini lebih awet dan kaut dari kayu lainnya. Corak warnanya cokelat muda hingga kehijauan. Jika dijadikan kerajinan tangan, maka kayu ini mempunyai nilai dekoratif yang tinggi.

Kayu jati ini lebih mudah dikerjakan. Dengan daya retak rendah, kayu ini berserat lurus dan bertekstur agak kasar. Produk dari kayu jati ini terbilang lebih awet sehingga jangan kaget jika kayu ini disebut sebagai rajanya kayu. Kayu ini banyak didapati di Jawa Tengah serta Jawa Timur. Kayu ini dibanderol harga tinggi untuk satu log-nya karena kualitasnya yang nomor satu.

2. Sono Keling

Mirip dengan kayu jati, produk kayu satu ini juga bernilai tinggi jika dijadikan karya seni. Kayu Sonkeling ini memiliki tekstur dan serat yang indah sehingga tampak mewah. Yang paling menarik perhatian adalah warnanya karena tak biasa. Warna kayu ini hitam keunguan membuatnya terlihat sangat unik.

Dewasa ini harga kayu sonokeling makin mahal. Dahulu harga kayunya murah namun seiring banyaknya dihasilkan kerajinan maka harga kayunya menanjak. Kekurangan dari kayu ini adalah sangat rentan diserang rayap.

3. Kayu Akasia

ika dilihat dari bentuk dan tampilan mungkin sedikit sulit membedakannya dengan kayu jati. Dengan warna cokelat khas dan serat yang apik, kayu ini tergolong mudah diproses. Umumnya kayu ini digunakan sebagai bahan kertas namun makin lama banyak juga yang menjadikannya aneka barang kerajinan. Kayu ini rapuh dan rentan jamur serta rayap. Lebih berat serta lebih keras jika dibanding dengan kayu jati. Harga kayunya lebih murah dari kayu jati

4. Kayu Mahoni

Kayu mahoni umumnya bisa didapat di daerah yang bermusim kering maupun basah. Dengan pohon mencapai 40 meter, diameter pohon ini bisa mencapai 100 sentimeter. Kayu mahoni sering dipakai untuk pembuatan mebel dan alat olahraga. Bisa juga dipakai untuk membuat alat musik serta aneka keperluan bangunan.

Jenis kayu ini berkualitas baik dengan tingkat ketahanan dan keawetan yang pas. Namun sayang kayu ini tak tahan rayap. Seringkali kayu mahoni jadi pilihan untuk pembuatan aneka barang kerajinan tangan.

Contoh Kerajinan Kayu

1. Lampu Hias

Yang suka pernak-pernik dengan gaya vintage sebaiknya tidak usah beli. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Membuat lampu hias dari bahan kayu menjadi cara dalam mengasah kreatifitas. Selain menjadi terlihat antik, hiasan yang satu ini juga bermanfaat untuk menerangi rumah.

2. Mangkok Kayu

Mangkuk kayu sudah dikenal sejak zaman dimana manusia mulai kreatif menciptakan barang dari kayu. Mangkuk kayu ini sangat berguna untuk peralatan dapur. Bisa juga dibuat sebagai tempat buah buahan. Mari manfaatkan kayu yang ada untuk membuat mangkuk satu ini.

3. Alas Gelas

Alas untuk benda panas ini memang sangat berguna untuk keperluan memasak maupun menyimpan makanan panas. Cara membuat alas benda panas dari kayu ini pun sangat mudah sehingga dapat dipraktikkan.

4. Wall Organizer

Wall Organizer alias rak diding, selain bermanfaat untuk merapikan gelas bisa juga untuk hiasan dinding yang unik.

5. Meja Akar Jati

Meja kayu yang satu ini sangat berbeda dari meja-meja lainnya. Walaupun kayu juga biasa digunakan dalam pembuatan meja pada umumnya, meja dari akar kayu jati ini sangatlah unik dan menarik sehingga sangat pantas dan cocok di pajang diruang tamu dirumah.

6. Miniatur Mainan

Selain beberapa kerajinan kayu diatas, kayu juga bisa dijadikan benda kerajinan berupa miniatur mainan yang sangat cocok dipajang di ruang tamu kamu.

7. Vas Bunga

Vas dari kayu ini dapat dijadikan sebagai wadah bunga dan dijadikan sebagai alat penghias ruangan. Dengan biaya perawatan yang murah, vas dari kayu ini sangat efisien untuk dipajang dirumah.

Membuat Kerajinan Dari Kayu

1. Membuat Figura

Alat dan Bahan

  1. Ranting kayu
  2. Lem kayu Crossbond
  3. Karton bekas
  4. Cat kayu BioColours water based (disarankan water based agar tidak menimbulkan bau).
  5. Tripleks
  6. Kuas

Cara Membuat

  1. Cara Membuat Kerajinan Kayu Figura
  2. Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan.
  3. Potong ranting dengan panjang sesuai ukuran figura yang Anda inginkan.
  4. Cat ranting sesuai warna yang Anda inginkan dengan cat BioColours water based.
  5. Biarkan kering dulu.-Siapkan tripleks sesuai bentuk dan ukuran figura.
  6. Gunakan Crossbond untuk merekatkan ranting kayu pada tripleks di bagian pinggirnya.
  7. Tunggu sampai kering.

2. Membuat Lampu Hias


Referensi:
https://failfaire.org//
https://bp-guide.id/
https://www.lemkayu.net
https://rajinlah.id/

SOAL LATIHAN