7.2.1.4. Kerajinan Dari Bahan Plastik

Kerajinan dari bahan plastik adalah kerajinan menggunakan plastik bekas agar dapat digunakan kembali atau diolah menjadi barang yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan memiliki nilai jual. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi dan mengatasi adanya pencemaran dan kerusakan lingkungan yang disebabkan dari membuang sampah plastik sembarangan.

Plastik merupakan jenis sampah yang sulit terurai. Di lain sisi, membakar sampah plastik dapat menyebabkan polusi udara yang lama kelamaan akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Untuk itu, berbagai elemen masyarakat yang umumnya tergabung dalam komunitas, rutin melakukan sosialisasi tentang daur ulang pastik untuk diubah ke barang bernilai jual.

A. Jenis – Jenis Plastik

Berikut ini merupakan jenis-jenis plastik beserta kegunaannya.

1. Polyethylene Terephthalate (PET atau PETE)

Polyethylene terephthalate adalah jenis plastik yang biasa digunakan untuk kemasan minuman, minyak goreng, saus sambal, dan lain-lain. Cirinya, plastik tidak berwarna atau bening dan jenis ini disarankan hanya sekali pakai.

Jika memakainya berulang kali, apalagi untuk menyimpan sesuatu yang panas, lapisan polimer pada plastik akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogen. Adapun zat karsinogen adalah salah satu penyebab kanker.

2. High Density Poluethylene (HDPE)

High density poluethylene bersifat keras dan merupakan salah satu bahan plastik yang aman digunakan. Hal ini karena kemampuannya untuk mencegah reaksi kimia antara makanan atau minuman dengan wadah plastiknya.

HDPE biasanya digunakan untuk pembuatan botol susu atau jus yang berwarna putih, galon air minum, dan plastik belanja. Meski aman, HDPE tetap disarankan untuk satu kali pemakaian saja.

3. Polyvinyl chloride (PVC atau V)

PVC biasa digunakan untuk membuat botol detergen cair, botol sabun, botol sampo, pipa, dan masih banyak lagi. Jenis plastik ini tidak boleh digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman.

4. Low Density Polyethylene ( LDPE )

LDPE sering digunakan sebagai kantong belanja, plastik kemasan, pembungkus makan segar, dan botol-botol lembek. Bahan atau jenis plastik ini memiliki daya perlindungan yang baik pada reaksi kimia.

5. Polypropylene ( PP )

Jenis plastik Polypropylene biasa digunakan untuk membuat botol minuman, kotak makanan, dan wadah penyimpanan makanan lainnya yang bisa dipakai berulang-ulang. Bahan ini adalah jenis plastik terbaik yang bisa digunakan untuk kemasan makanan dan minuman karena bisa mencegah terjadinya reaksi kimia dan tahan terhadap panas.

6. Polystyrene atau Styrofoam (PS)

Polystyrene atau sering kita kenal dengan Styrofoam biasa digunakan untuk wadah makanan, karton telur, gelas dan mangkok sekali pakai, bahan pengemas, dan isolasi. Polystyrene relatif murah dan mudah dibuat, oleh karena itu Polystyrene banyak digunakan dan mudah ditemukan di mana-mana.

B. Contoh Produk

1. Pot Tanaman

Untuk mempercantik rumah, kita bisa menambahkan pot yang berisikan tanaman bunga-bunga. Kita tidak harus selalu membeli pot yang harganya lumayan menguras kantong, tetapi akan lebih baik membuat pot sendiri dari bahan bekas seperti botol plastik. Cara ini tidak hanya dapat mempercantik rumah kita, tapi juga sebagai bentuk mengurangi sampah plastik. Hasil kerajinan ini dapat menambah keindahan pekarangan atau halaman rumah dengan tanaman-tanaman yang hijau,walaupun simpel tetapi tampak sangat elegan.

2. Wadah Pensil unik dari Botol

Wadah pensil yang lucu dapat diletakkan di ruangan belajar untuk memberi efek refreshing ketika kamu lagi jenuh saat belajar. Wadah yang imut ini cukup simpel cara pembuatanya, karena terbuat dari botol bekas dengan sentuhan sedikit kreativitas bisa menjadikan botol yang ingin dibuang menjadi sayang untuk di buang.

3. Wadah sikat gigi

Sikat gigi yang disimpan sembarangan akan sangat rentan terjangkiti kuman. Untuk mengatasinya kita bisa membuat kerajinan botol bekas berupa dudukan sikat gigi sederhana. Dengan cara memotong bagian bawah botol dan bagian leher botol secukupnya, sesuaikan ukurannya dengan sikat gigi, lalu rekatkan, maka jadilah wadah sikat gigi aman, sekaligus terhindarkan dari kuman..

4. Penahan Charger Handphone

Masalah yang sering dihadapi banyak orang adalah, ketika ingin men-charge handphone, tapi stop kotak terlalu tinggi sehingga tidak bisa menjangkau ke lantai atau pun meja yang ada disekitarnya. Jika dipaksa untuk tetap dicharge, mau tidak mau, kita harus siap berdiri berjam-jam sambil menunngu baterai handphone tersebut penuh. Daripada kamu merasa bosan plus pegal karena terlalu lama berdiri, lebih baik buat tempat untuk menaruh hp dengan memanfaatkan botol bekas. Untuk membuatnya bisa di simak di video berikut

5. Lampu Hias Botol Plastik

Contoh daur ulang sederhana yang bisa kamu buat di rumah adalah lampu hias botol plastik. Membuat lampu hias botol plastik bukanlah sesuatu yang rumit, loh. Karena kita hanya membutuhkan bahan-bahan bekas yang sangat sederhana. Kalian bisa membuatnya di rumah. Untuk membuatnya bisa di simak di video berikut

6. Bonsai Sakura

Keindahan bunga sakura Jepang memang tidak pernah ada habisnya apalagi bila kita hadirkan di dalam rumah kita. Pasti rumah akan menjadi lebih cantik ya sahabat. Selain menambah estetika rumah, Bonsai Sakura yang akan kita buat nantinya menggunakan bahan dasar plastik kresek rumahan. Sehingga kita juga berperan aktif dalam mengurangi sampah plastik rumah tangga. Tahukah kamu sahabat, bahwa saat ini pemerintah Indonesia dan dunia sedang berlomba-lomba untuk mengurangi penggunaan bahan plastik rumah tangga karena sampah plastik sangat sulit untuk diuraikan.

C. Membuat Produk

1. Membuat Penahan Charger Handphone.

2. Cara Membuat Lampu Hias Botol Plastik

3. cara membuat Bonsai Sakura

SOAL LATIHAN