7.2.1.3. Kerajinan dari Kertas

Kertas merupakan salah satu sumber sampah terbesar terhadap lingkungan di sekitar kita, mulai dari sampah kertas buku hingga koran. Dari pada dibuang-buang percuma, kita bisa menjadikan kerajinan yang memiliki nilai tinggi saja, syukur-syukur bisa menghasilkan uang dari kerajinan yang kalian buat menggunakan bahan limbah kertas tadi.Nah, di bawah ini terdapat beberapa contoh kerajinan tangan yang bisa kalian buat juga di rumah.

A. Jenis-Jenis Kertas Kertas

Kertas terdiri dari beragam jenis yang masing-masingnya memiliki kegunaan yang berbeda pula. Hal yang membedakan dari setiap jenis kertas adalah bahan baku yang digunakan untuk membuatnya, tekstur, dan ketebalannya. Oleh karena itu, pemanfaatan setiap jenis kertas disesuaikan menurut karakter dan sifat yang dimilikinya. Sebagai contoh, kertas bufallo dengan tekstur yang kasar tepat dijadikan pilihan sebagai kertas cover untuk menjilid, sementara kertas HVS yang berwarna putih bersih dapat dijadikan sebagai media untuk menulis.

1. Art Carton

Kertas art carton terbuat dari karton serta berukuran lebih berat dan tebal sehingga populer digunakan untuk kalender dan kartu nama. Permukaannya licin sehingga tidak cocok untuk menulis di atas kertas ini.

2. Art Paper

Ciri-cirinya sama seperti art carton, hanya saja berbahan kertas sehingga lebih tipis. Art paper banyak ditawarkan untuk membuat media promosi, halaman majalah, kartu undangan, dan lain-lain.

3. Asturo

Kertas asturo banyak digunakan sebagai sampul buku, kertas jilid, poster, kerajinan tangan, dan macam-macam. Karakteristiknya adalah memiliki dua warna yang berbeda. Satu sisi berwarna putih dan sisi lainnya berwarna-warni, ada yang gradasi ada juga satu warna utuh.

4. Buffalo

Ciri khas kertas buffalo adalah teksturnya yang sedikit kasar mirip guratan kayu. Kertas ini biasa digunakan sebagai kertas jilid bagian belakang, map, aneka kerajinan kertas, dan sebagainya.

5. Corrugated

Kertas corrugated sekilas mirip dengan kardus, namun lebih tipis dan sisi dalamnya terdapat lapisan bergelombang. Meski tidak setebal kardus, ia cukup tebal untuk ukuran kertas sehingga cocok untuk bahan kemasan atau dus produk, undangan eksklusif, dan urusan bungkus-membungkus lainnya.

6. HVS

Kertas HVS adalah jenis kertas yang amat populer dikenal dan digunakan masyarakat. Setiap percetakan pasti menggunakannya karena mudah, murah, dan berkualitas cukup tinggi. Teksturnya yang kasar dan warnanya yang putih membuat HVS cocok untuk menulis dan mencetak dokumen. Beberapa seniman menggunakannya sebagai bahan kerajinan.

7. Kraft

Kertas kraft tampil dengan warna coklat yang redup dengan permukaan yang bertekstur sedikit kasar. Ketebalannya sedang atau tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Paling sering digunakan untuk tas kertas atau paper bag

8. Manila

Manila dapat dengan mudah ditemukan di percetakan. Meski tidak digunakan untuk mencetak dokumen, kertas manila difungsikan sebagai sampul dokumennya atau untuk kartu nama. Pilihan warna dan ketebalannya beragam serta teksturnya halus.

9. Samson

Kertas samson termasuk salah satu kertas hasil daur ulang yang berwarna coklat. Kertasnya lebih tipis dari kertas kraft dan lebih cocok untuk dijadikan bungkus hadiah atau barang lainnya.

B. Contoh Produk dari Kertas

1. Tempat Pensil dari Limbah Kertas

Supaya meja belajar / meja kerja dapat terlihat rapi, seperti bolpoin, pensil dan penggaris yang tidak berserakan, maka perlu adanya tempat pensil.Tempat pensil nggak harus didapatkan dengan cara membelinya di toko alat tulis. Karena kita dapat membuat tempat pensil dengan menggunakan barang-barang bekas yang banyak terdapat di sekitar kita.

2. Tempat Permen

Untuk anda yang menyenangi ngemil permen maupun cokelat, kayaknya anda perlu membuat tempat permen yang terbuat dari kertas koran ini. Selain dapat membantu anda untuk menaruh permen, tempat ini juga akan membuat kamar tidur anda maupun ruang tamu anda akan terlihat lebih elegan

3.Tempat Tisu

Tempat tisu dari koran juga menjadi salah satu kreasi tangan yang cukup populer di kalangan masyarakat.Hal itu, karena terbuat dari koran yang merupakan barang bekas. Itu makanya kegiatan membikin tempat tisu dari limbah koran ini cukup dianjurkan. Dengan membikin kerajinan tempat tisu dari koran bekas, itu artinya Anda sudah berkontribusi secara langsung terhadap kebersihan lingkungan.

4. Miniatur Rumah

Apakah anda mempunyai cita-cita sebagai arsitek? Nah, sepertinya anda harus mempelajari cara membuat miniature rumah seperti gambar ini, selain dapat mengurangi sampah. Maka anda juga dapat menjadikannya sebuah peluang yang cukup gemilang sebagai usaha kreatif.

5. Bingkai Foto

Kerajinan yang selanjutnya adalah figura. Untuk mebuat kerajinan yang satu ini bisa dibuat menggunakan bahan apa saja, dan salah satunya adalah dari kertas karton sebagai bahan utamanya. Untuk bisa membuat figura yang unik, kalian harus bisa mengkreasikannya dengan skreatif mungkin agar hasilnya juga bisa lebih bagus. Seperti contoh kerajinan pada gambar di atas tersebut

6. Jam Dinding

Kalau anda mempunyai waktu yang banyak sekali senggangnya, maka anda dapat mencoba untuk membuat jam dinding dari limbah kertas koran ini.Buatnya tidak sulit kok, bahkan tidak ribet juga. Ya, Cuma itu, anda harus benar-benar telaten agar hasil yang nantinya akan didapatinya juga akan rapid an juga bagus.

7. Tas Jinjing

Anda dapat memanfaatkan limbah kertas untuk membuat tas dengan kreasi anda sendiri. Tentu saja dengan bentuk dan juga model yang anda sukai. Selain menghasilkan bentuk kerajinan hal ini dapat mengurangi pemakain tas plastik yang yang dapat menimbulkan masalah lingkungan. Walaupun tas ini terbuat dari kertas, tas ini pasti membuat orang lain yang melihatnya menjadi pengen punya. Ya, bagaimana tidak pengen punya, dengan bentuknya saja yang sangat unik dan juga jarang banget yang sama.

8. Lukisan Dari Kertas

Kalau anda memang seorang seniman dan ingin mencoba membuat sebuah karya seni yang lainnya.Maka saya sarankan untuk dapat membuat lukisan dari kertas koran bekas. Dengan keahlian yang anda miliki dan juga kertas koran yang memang harganya tidak terlalu mahal, akan menjadikan karya seni anda menjadi indah dan juga elegan. Tentu saja mempunyai nilai harga yang sangat cukup tinggi.

9. Alas gelas

Apabila memang Anda telah terbiasa membikin minuman dengan air panas serta tidak meletakkan gelas ke alasnya tersebut. Tentunya Anda akan mendapati bekas gelas di meja Anda tersebut. Supaya mengatasi masalah itu, maka ambil kertas yang Anda punya. Lalu gulung kertas tersebut atau juga bisa merangkainya hingga padat dan rapat. Setelah itu, Anda bisa kreasikan sesuai dengan keinginan, agar alas pada gelas tampak lebih cantik dan indah.

10. Keranjang Sampah

Selain dari kerajinan yang sudah kita bahas di atas, ternyata tempat sampah juga bisa kita buat menggunakan bahan kertas bekas lho. Tempat sampah ini berguna sebagai tempat membuang sampah, agar tempat tinggal kalian tidak berantakan.

11. Burung Mainan

Kerajinan dari limbah kertas berbentuk burung juga akan tampak cantik apabila digantung di kamar maupun pada ruangan dalam rumah. Bahkan hiasan burung ini akan menambah suasana nyaman dan tenang.

12. Bunga dari kertas karton

Karton dapat dibentuk menjadi hiasan dinding 3 Dimensi berbentuk kelopak bunga dahlia yang sangat cantik.

13. Burung dari kardus

Sungguh menarik bukan, membuat sebuah prakarya unik yang bisa kita gunakan sehari-hari. Jadi untuk kalian yang ingin belajar membuat sebuah karya seni atau sebuah kerajinan tangan yang menarik dari kardus.

C. Contoh Pembuatan Produk dari Kertas

1. Cara Buat Vas Bunga Cantik dari Kertas HVS Bekas

2. Cara Membuat Bingkai Foto Dari Koran Bekas

3.Kerajinan Tempat Pensil Unik Dari Bahan Bekas -

4. Kolase wajah - kolase kertas

5. Tatakan Gelas Dari Koran Bekas

Referensi:
https://calonbos.com/kerajinan-dari-limbah-kertas
https://bukabukumu.com/kerajinan-dari-limbah-kertas
https://www.dagelan.co/9-ide-terbaik-untuk-kerajinan-tangan-dari-kertas-dan-koran-bekas
https://genemil.com/kerajinan-dari-limbah-kertas/
https://www.selasar.com/jenis-kertas/

SOAL LATIHAN