Kerajinan dari Sampah Plastik

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan

(Anak-anak bisa terhubung internet melalui wifi sekolah di Ruang guru, Ruang UKS, LAB Komputer, LAB IPA)


Setelah pembelajaran ini siswa mampu:

  1. Menyebutkan pengertian dan contoh sampah organik
  2. Menyebutkan pengertian dan contoh sampah anorganik
  3. Menjelaskan pengolahan sampah anorganik meliputi reduce, reuse dan recycle
  4. Menyebutkan contoh kerajinan dari sampah plastik
  5. Membuat kerajinan dari sampah plastik

Sampah menjadi salah satu problem yang cukup besar di tiap negara. Bahkan, dari masa ke masa, jumlah sampah juga mengalami peningkatan. Secara umum sampah dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik

A. Jenis-jenis Sampah

1. Sampah Organik

Sampah organik adalah sampah yang mudah terurai atau mudah membusuk secara alami. Sampah organik berasal dari makhluk hidup, seperti sisa makanan, kotoran makhluk hidup, dan sampah dari tanaman/pepohonan.

Jenis sampah organik ini lebih cepat membusuk dalam kurun waktu singkat hingga akhirnya terurai menjadi tanah. Akan tetapi, sampah organik akan menimbulkan bau tak sedap, bahkan penyakit apabila tidak dikelola secara baik.

2. Sampah Anorganik

Sampah anorganik adalah jenis sampah yang sulit untuk terurai, kalaupun bisa terurai membutuhkan waktu yang lama. Contoh sampah anorganik adalah plastik, logam, kaca, keramik. Sampah anorganik berasal dari bahan non hayati termasuk produk sintesis dan hasil proses teknologi pengolahan bahan tambang. 

Karena sampah anorganik sulit terurai, sehingga sampah anorganik sering menjadi sumber masalah lingkungan, sampah yang terbuang di alam akan menumpuk dan mengganggu makhluk hidup lain.

B. PENGOLAHAN BAHAN LIMBAH

Pengolahan limbah lunak memerlukan pengetahuan yang memadai, agar dalam pemanfaatannya tidak menghasilkan limbah baru yang justru semakin menambah permasalahan dalam kehidupan. Berikut ini adalah prinsip-prinsip yang bisa diterapkan dalam pengolahan sampah. Prinsip-prinsip ini dikenal dengan nama 3R yaitu Reduce, Recycle dan Reuse.

1. Mengurangi (Reduce)

Reduce adalah Mengurangi atau meminimalisir pemakaian barang atau material yang dapat mengasilkan limbah. Semakin banyak kita menggunakan material, semakin banyak sampah yang dihasilkan. Contoh mengurangi misalnya untuk keperluan minum kita menggunakan gelas bukan menggunakan minuman kemasan sekali pakai

2. Menggunakan kembali (Reuse)

Reuse adalah memilih barang-barang yang bisa digunakan kembali, hindari pemakaian barang-barang yang sekali pakai, lalu buang. Contoh menggunakan kembali (reuse) adalah menggunakan kembali botol bekas air minun kemasan sebagai tempat minum

3. Mendaur ulang (Recycle)

Recycle adalah memilih barang-barang yang sudah tidak berguna kemudian didaur ulang supaya menjadi barang yang berguna. Dengan mendaur ulang limbah (recycle) menjadi karya kerajinan tangan, dapat dikatakan telah turut serta dalam mengatasi masalah lingkungan yang mengganggu kehidupan. Selain itu, dapat kegiatan ini pula dimanfaatkan sebagai wadah penyaluran hobi keterampilan, kreativitas, dan menumbuhkan jiwa wirausaha.

C. Contoh Produk Daur Ulang

1. Pot Tanaman

Untuk mempercantik rumah, kita bisa menambahkan pot yang berisikan tanaman bunga-bunga. Kita tidak harus selalu membeli pot yang harganya lumayan menguras kantong, tetapi akan lebih baik membuat pot sendiri dari bahan bekas seperti botol plastik. Cara ini tidak hanya dapat mempercantik rumah kita, tapi juga sebagai bentuk mengurangi sampah plastik. Hasil kerajinan ini dapat menambah keindahan pekarangan atau halaman rumah dengan tanaman-tanaman yang hijau,walaupun simpel tetapi tampak sangat elegan.

2. Wadah Pensil unik dari Botol

Wadah pensil yang lucu dapat diletakkan di ruangan belajar untuk memberi efek refreshing ketika kamu lagi jenuh saat belajar. Wadah yang imut ini cukup simpel cara pembuatanya, karena terbuat dari botol bekas dengan sentuhan sedikit kreativitas bisa menjadikan botol yang ingin dibuang menjadi sayang untuk di buang.

3. Wadah sikat gigi

Sikat gigi yang disimpan sembarangan akan sangat rentan terjangkiti kuman. Untuk mengatasinya kita bisa membuat kerajinan botol bekas berupa dudukan sikat gigi sederhana. Dengan cara memotong bagian bawah botol dan bagian leher botol secukupnya, sesuaikan ukurannya dengan sikat gigi, lalu rekatkan, maka jadilah wadah sikat gigi aman, sekaligus terhindarkan dari kuman..

4. Penahan Charger Handphone

Masalah yang sering dihadapi banyak orang adalah, ketika ingin men-charge handphone, tapi stop kotak terlalu tinggi sehingga tidak bisa menjangkau ke lantai atau pun meja yang ada disekitarnya. Jika dipaksa untuk tetap dicharge, mau tidak mau, kita harus siap berdiri berjam-jam sambil menunngu baterai handphone tersebut penuh. Daripada kamu merasa bosan plus pegal karena terlalu lama berdiri, lebih baik buat tempat untuk menaruh hp dengan memanfaatkan botol bekas. Untuk membuatnya bisa di simak di video berikut

5. Lampu Hias Botol Plastik

Contoh daur ulang sederhana yang bisa kamu buat di rumah adalah lampu hias botol plastik. Membuat lampu hias botol plastik bukanlah sesuatu yang rumit, loh. Karena kita hanya membutuhkan bahan-bahan bekas yang sangat sederhana. Kalian bisa membuatnya di rumah. Untuk membuatnya bisa di simak di video berikut

6. Bonsai Sakura

Keindahan bunga sakura Jepang memang tidak pernah ada habisnya apalagi bila kita hadirkan di dalam rumah kita. Pasti rumah akan menjadi lebih cantik ya sahabat. Selain menambah estetika rumah, Bonsai Sakura yang akan kita buat nantinya menggunakan bahan dasar plastik kresek rumahan. Sehingga kita juga berperan aktif dalam mengurangi sampah plastik rumah tangga. Tahukah kamu sahabat, bahwa saat ini pemerintah Indonesia dan dunia sedang berlomba-lomba untuk mengurangi penggunaan bahan plastik rumah tangga karena sampah plastik sangat sulit untuk diuraikan.

D. Membuat Produk Daur Ulang

1. Membuat Penahan Charger Handphone.


2. Cara Membuat Lampu Hias Botol Plastik


3. cara membuat Bonsai Sakura


4. cara membuat Bunga dari plastik kresek

5. cara membuat Bunga dari Gelas plastik


6. cara membuat Bunga dari Sedotan plastik


7. cara membuat Bunga dari Bungkus deterjen


8. cara membuat Pot dari Botol plastik


9. cara membuat Pohon kelapa dari Botol plastik


10. cara membuat Pot Gantung dari Botol plastik


11. cara membuatPot Gantung Lagi


12. Membuat POT Model Kumbang


13. Membuat Pot Gantung Unik


14. CREATIVE PLANT POT















Tugas Siswa

A. Buatlah kelompok yang beranggotakan 4 orang
B. Jawab Pertanyaan di bawah ini
  1. Sebutkan pengertian dan contoh sampah organik
  2. Sebutkan 10 contoh sampah organik
  3. Sebutkan pengertian sampah anorganik
  4. Sebutkan 10 contoh sampah anorganik
  5. Jelaskan pengolahan sampah anorganik meliputi:
    reduce:....
    reuse:....
    recycle:.....
C. Buatlah rancangan pembuatan Kerajinan dari Limbah plastik meliputi:

Nama Kerajinan:.......

Alat dan Bahan:
1.
2.
3.
4.
5.
....
Cara Membuat:
1.
2.
3.
4.
5.
....

D. Presentasi Kelompok

Setiap anggota kelompok berkewajiban ikut mempresentasikan hasil tugas kelompoknya dengan rincian tugas sebagai berikut:

  1. Anggota 1: Menjelaskan jenis-jenis sampah meliputi sampah organik dan anorganik beserta contohnya
  2. Anggota 2: Menjelaskan Pengolahan sampah anorgani meliputi reduse, Reuse, Recycle
  3. Anggota 3: Menjelaskan Contoh produk daur ulang dari sampah plastik
  4. Anggota 4: Menjelaskan cara membuat kerajinan yang telah dibuat oleh kelompok
  5. Untuk kelompok yang anggotanya lebih dari 4 materi diatas boleh di bagi dengan anggota kelompok lain