9.2.1.5. Kerajinan dari Logam

Logam merupakan jenis benda padat yang bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan yang unik dan menarik. Bukan hanya itu, kerajinan logam ini juga mempunyai nilai seni dan jual yang tinggi. Maka dari itu, tidak heran jika banyak pengrajin logam bermunculan dan mengubahnya menjadi sebuah kerajinan yang bisa dijual dengan harga yang tinggi.

Pengertian Kerajinan Logam

Kerajinan logam yaitu suatu seni kerajinan atau juga sebuah keterampilan untuk bisa membuat sesuatu menjadi barang yang memiliki nilai guna dengan memanfaatkan logam sebagai medianya. Logam yang biasa digunakan dalam pembuatan karya-karya kerajinan logam yaitu seperti media aluminium,kuningan, dan juga tembaga.

Produk Kriya Logam

Produk kerajinan logam ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu dua dimensi dan tiga dimensi. Nah berikut ini beberapa jenis kerajinan yang terbuat dari bahan logam yang bisa kamu jadikan koleksi di rumahmu.

  1. Uang Kepeng

  2. Kerajinan uang kepeng merupakan kerajinan khas Bali bernilai seni tinggi. Selain sulit dibuat, para pengrajin memerlukan ketekunan dan uang kepeng yang kini sulit diperoleh. Karya seni ini tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, tapi juga mancanegara.


  3. Patung

  4. Patung merupakan salah satu seni kriya dari logam yang bentuk dan motifnya menyerupai karya seni peninggalan kerajaan Budha, contohnya seperti patung Ganesha, patung Budha dan juga berbagai bentuk patung lainnya.Berbagai macam barang kerajinan dari logam itu dijual ke berbagai kota di Indonesia dan ada juga sebagian lagi diekspor ke luar negeri.

  5. Kubah Masjid

Kubah Masjid merupakan salah satu bentuk kerajinan logam. Walaupun tidak semua kubah masjid terbuat dari logam, akan tetapi banyak kubah masjid yang terbuat dari bahan seperti kuningan, tembaga, dan aluminium.

Prosedur Pembuatan Kerajinan Logam

Prosedur pada proses pembuatan kriya logam ini mempunyai prosedur yang berbeda antara kriya logam dua dimensi dan tiga dimensi.Hal tersebut tergantung pada hasil seni kriya logam yang diinginkan. Dibawah ini akan dijelaskan cara atau prosedur pembuatan kriya logam.

a. Dua dimensi

  1. Membuat desain kerajinan yang akan dibuat pada kertas HVS A4.
  2. Gambarlah desain yang telah jadi, kemudian tempelkan pada permukaan bahan logam yang digunakan seperti aluminium.
  3. Proses pembuatan sketsa pada media kriya logam yaitu seperti aluminium dengan memanfaatkan ballpoint bekas, dengan cara menekan kemudian mengikuti garis kontur pada desain yang telah
  4. Setelah gambar telah terbentuk pada permukaan aluminium, lalu kertas dicabut.
  5. Setelah itu,pada permukaan aluminium bagian bawah dialasi menggunakan anduk kecil atau busa, kemudian bagian atas ditekan-tekan hingga objek gambar terbentuk menonjol keluar

b. Tiga dimensi

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan untuk bisa melakukan teknik pencetakan/pengecoran.
  2. Lalu membuat cetakan dari bahan yang tidak mengikat dengan logam misalnya lilin.
  3. Kemudian cetakan lilin dibungkus atau di lumuri dengan tanah liat agar cairan logam tidak keluar dari cetakan lilin.
  4. Setelah itu bahan logam tadi di bakar di dalam tungku pembakaran hingga bahan logam meleleh.
  5. Lalu bahan logam yang sudah cair di tuangkan ke dalam ]cetakan dasar yang telah di buat sebelumnya.
  6. Jika cairan dalam cetakan sudah mengeras dan padat, maka bahan logam bisa dikeluarkan dari cetakan untuk selanjutnya dilakukan pengeringan.
  7. Setelah bahan logam itu berbentuk seperti bentuk yang diinginkan,maka bahan logam selanjutnya dihaluskan agar bentuk dan permukaanya menjadi

sumber:https://failfaire.org/